السلام عليكم ورحمةالله وبركاته


Senin, Oktober 19, 2009

Diposting oleh أبوعناية - Abu Inayat


Risywah (Suap) haram hukumnya, berdasarkan nash (teks syari’at) dan ijma’ (kesepakatan para ulama). Ia merupakan sesuatu yang diberikan kepada seorang hakim dan selainnya untuk melakukan pelanggaran terhadap al-haq dan memberikan putusan yang berpihak pada pemberinya, sesuai dengan keinginan nafsunya.

Dalam hal ini terdapat hadits yang shaih dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya beliau melaknat penyuap dan orang yang disuap ( Abu Dawud, kitab Aqdiyah,3580; At-Tirmidzi, Kitab Al-Ahkam,1337; dan Ibnu Majah, kitab Al-Ahkam,2313).

Terdapat riwayat lain, bhwa beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat Ar-Ra’isy juga. Yakni perantara antara keduanya. Dan tidak diragukan lagi, dia berdosa dan berhak mendapatkan cacian, celaan dan siksaan. Karena membantu melakukan perbuatan dosa dan melampaui batas. Padahal ALLAH Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “ Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran. Dan bertaqwalah kamu kepada ALLAH, sesungguhnya ALLAH amat keras siksaNYA (QS. Al-Ma’idah/5:2)

Al-Fatawa asy-Syar’iyyah fil-Masa’il al-Ashriyyah
Min Fatawa Ulama al-Baladil Haram, hlm 631

4 komentar,:

tovarossi mengatakan...

udah jelas kalo islam melarang suap-menyuap, karena itupun udah termasuk teman-temannya korupsi, kolusi dan nepotisme n haram hukumnya

Ilmu inspirasi air mengatakan...

Nice artikel..
Dalam agama islam suap-menyuap haram hukumnya.. dan tentu dengan segala bentuknya.. Karena seharusnya stiap manusia saling tolong menolong dalam sempurnanya kebaikan bukan saling tolong menolong dalam pelanggaran dan kesalahan..

AD1N mengatakan...

Good post bro.... suap menyuap jelas merugikan dan manipulasi kenyataan yang benar.

rofiuddin mengatakan...

assakamu'alaikum, sebelumnya maaf banner antum saya pasang d blog saya, dengan harapan antum juga pasang banner saya d situs ini, terimakasih :)

oiya terimakasih juga atas ilmu2nya, sangat bermanfaat

Posting Komentar

Apa pun komentar anda tentang posting di atas
semoga ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala memberikan
pahala lewat komentar anda

Moderasi Komentar sedang OFF

Mengenai Saya

Foto saya
Just Another Guy who care, and share the goodness

About Comment

Recent Comment

Top Komentator


Popular Post