السلام عليكم ورحمةالله وبركاته


Rabu, Oktober 28, 2009

Diposting oleh أبوعناية - Abu Inayat


Sungguh keimanan dan keyakinan yang ada pada setipa manusia, memiliki tingkatan yang bermacam-macam. Perbedaan tingkat keimanan semacam ini tentu saja di karenakan keimanan itu sendiri yang terkadang naik dan terkadang turun. Setiap mukmin pasti merasakan naik-turunnya keimanan yang ada pada dirinya, suatu hal yang tidak bias di pungkiri.

Naik turunnya keimanan ini amat erat kaitannya dengan amalan lahiriah yang dilakukan seorang mukmin. Memang keimnan itu tidak hanya pada hati, akan tetapi juga harus terwujud pada lisan dan anggota badan. Maka keimanan akan menurun ketika seorang mukmin melakukan maksiat, dan akan naik ketika melaksanakan ketaatan pada ALLAH.

APA ITU DOSA BESAR.?

Karena itu islam memberikan peringatan yang sangat keras dari berbagai perbuatan kemakasiatan kepada ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala dan Rasul-NYA Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Para Ulama telah membagi perbuatan dosa dan maksiat ini menjadi dosa besar dan dosa kecil, berdasarkan penelitian mereka terhadap AL-Qur’an dan Al-Hadits. Semuanya memiliki pengaruh buruk terhadap keimanan, namun dosa besar lebih berbahaya bagi keimanan seseorang dari pada dosa kecil.

Adapun pengertian dosa besar, para ulama telah berselisih pendapat tentangnya. Defenisi terbaik yang ada, bahwa dosa besar adalah segala dosa yang mengakibatkan hokum had di dunia, atau pelakunya diancam dengan laknat, kemurkaan (ALLAH), atau siksaan di neraka, atau ditiadakan istilah keimanan pada pelakunya atau yang Nbi Shallahu ‘alaihi Wa Sallam berlepas diri dari pelakunya. Misalnya , pada firman ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala:

"Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. Al-Maidah:38)


"Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuat zina), mereka kena la'nat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka azab yang besar. (QS. An-Nur: 23)

Juga Sabda Nabi Shallahu ‘Alaihi Wa sallam:

"Sesorang pezina ketika berzinah, tidaklah berzinah dalam keadan beriman ( Muttafaq ‘Alaih )"

"Barang siapa melakukan Ghisy (penipuan,pengkhianatan) bukanlah temasuk glonganku. (Riwayat Muslim)"

Masih banyak lagi macam dosa besar yang disebutkan dalam AL-Qur’an maupun AL-Hadits.

Kemudian, dosa besar ini pun betingkat², sebagiannya kebih besar dari yang lain, sampai pada dosa yang paling besar yaitu kesyirikan pada ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala. Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wa Salam bersabda, “ Maukah aku beritahu kalian dosa besar yang paling besar? (lalu beliau bersabda) perbuatan syirik kepada ALLAH, durhaka kepada kedua orang tua dan persakasian dusta ( Muttafaq ‘Alaih)”

HUKUM PELAKU DOSA BESAR

Mengenai permasalah ini, kaum muslimin terbagi menjadi tiga kelompok : ada yang meremehkan dosa besar, ada yang bersikap berlebihan dalam menghukumi pelaku dosa besar, dan yang terbaik adalah yang pertengah dari dua kelompok itu.

Kelompok yang meremehakan, memiliki pendapat bahwa dosa apapun yang dilakukan oleh seorang mukmin, tidak akan membahayakan keimanannya. Sedangkan kelompok yang berlebihan, menjadi pelaku dosa besar keluar dari keimanan. Kedua kelompok ini bertentangan dengan yanga ada dalam Al-Quran maupun Al-Hadits.

Adapaun kelompok yang pertengahan (dan ini lah yang benar), mereka menyatakan bahwa dosa besar sangat berbahaya bagi keimanan seorang mukmin, karena bias menyebabkan dia disiksa di akhirat. Meskipun demikian, mereka tidak sampai mengeluarkan pelakunya dari keimanan dengan sebab dosa besar yang dilakukannya, selain syirik yang setingkat dengannya. Mereka berdalil dengan firman ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala :


"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. barangsiapa yang mempersekutukan Allah, Maka sungguh ia Telah berbuat dosa yang besar." (QS An-Nisa:48)


JANGAN MEREMEHKAN..!

Dari ayat ini, mereka mengatakan bahwa dosa yang bias mnegeluarkan pelakunya dari keimanan adalah dosa syirik atau yang sederajat dengannya, dan ALLAH tidak akan mengampuni jenis dosa ini jika pelakunya meninggal dunia belum bertaubat.

Adapaun dosa besar yang tingkatannya di bawah dosa syirik, maka pelakunya tidak keluar dari keimanan selama dia tidak menghalakan dosa tersebut. Hanya saja dia mendapatkan ancaman sikasa di akhirat dan ada kemuangkinan ALLAH akan mengampunnya jika dia meninggal dunia belum bertaubat. Maksudnya, jika ALLAh berkehendaknya, maka pelaku dosa besar akan diampuni dan tidak akan dimasukkan ke dalam neraka. Jika ALLAH berkehendak, maka dia akan disiksa di dalam neraka, kemuadia dikeluarkan dari neraka lalu dimasukkan ke dalam surga, jika memang masi ada keimanan di dalam hatinya.

Ini lah di antara keimanan yang harus kita fahami berkaitan dengan dosa besar. Sangat disayangkan, banyak orang yang tidak memahami hal ini sehingga mereka sangat mudah menumpahkan darah kaum muslimin dikarenakan mereka melakukan dosa besar, menurut anggapan mereka.

Wallaahul Musta’aan

7 komentar,:

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah mendapat taushiyah di sini. Tetap Semangat untuk berdakwah!

Abu Inayat mengatakan...

Syukron akhi atas supportnya..

JT mengatakan...

Astaghfirullah, min dzanbii kullahu. abu, terimakasih atas pencerahannya

maaft telat brkjung ni.

AD1N mengatakan...

Maha Suci Allah..... mudah2an kita selalu mendapat pertolonganNYA.

abdullah mengatakan...

maha suci bagi allah aku hanya percaya kepada allah hanya allah yg ku sayang&ku cinta

Siswa TKJ mengatakan...

Assalamuaaikum warohmatullohi wabarokatu...
salam blogger...
kang, mau tanya bagaimana cara agar posting blog saya bisa tampil di recommended?

download game gratis mengatakan...

dosa sy gak tau segede apa nih :D

nice post.

Posting Komentar

Apa pun komentar anda tentang posting di atas
semoga ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala memberikan
pahala lewat komentar anda

Moderasi Komentar sedang OFF

Mengenai Saya

Foto saya
Just Another Guy who care, and share the goodness

About Comment

Recent Comment

Top Komentator


Popular Post