السلام عليكم ورحمةالله وبركاته


Kamis, Januari 14, 2010

Diposting oleh أبوعناية - Abu Inayat


"Masih kecil jangan pacaran", begitu para orang tua jama dahulu menasehati anak-anak mereka. Tentu saja bukan dimaksudkan jika sudah besar dibolehkan. Mungkin maksudnya, jika sudah dewasa dan sudah siap bersegera saja menikah.

Nah, rupanya nasehat orang tua jaman dahulu kini dibenarkan oleh para peneliti modern. Dalam temuan terbaru menunjukkan, semakin dini seseorang menjalin cinta semakin besar resiko beban kejiwaan. Termasuk beresiko sakit hati, depresi dan bahkan sakit-sakitan.


Penelitian yang ditulis dalam Journal Of Pain, Peneliti dari Universite de Montreal, University Hospita Center dan Mc Gill University menemukan bahwa anak remaja yang mulai pacaran sejak usia dini lebih banyak mengalami sakit kepala, perut dan pinggang. Mereka juga dilaporkan lebih banyak mengalami depresi di banding rekan rekan seusianya yang belum pernah pacaran.

Dr. Isabelle Tremblay, seorang peneliti dari Universite de Montreal serta Dr. Michael Sullivan, seorang professor psikologi dari Mc Gill University telah melakukan studi untuk mengetahui pengaruh menjalin hubungan sejak dini terhadap kesehatan seseorang.

Sebanyak 382 pelajar remaja berumur rata-rata 12 hingga 17 tahun di Kanada di rekrut sebagai partisipan penelitian. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner tentang frekuensi dan intensitas mengalami gangguan emosi serta fisik dan juga usia awal mengenal cinta.

Hasilnya, seseorang yang mengenal cinta lebih dini cenderung menjadi pribadi yang rapuh, sakit-sakitan, merasa tidak aman dan mudah depresi. "Gejala itu berkembang dai sejak masih kanak-kanak, lalu remaja dan akhirnya ketika dewasa," ujar Sullivan seperti dilansir www.sciencedaily.com, Kamis, 26 November 2009 lalu.

Peneliti belum sepenuhnya mengerti mengapa hal itu bisa terjadi. Namun kesimpulan yang dinyatakan peneliti adalah, sesorang yang menjalin hubungan sejak dini, contohnya remaja, akan memiliki alarm rasa sakit yang lebih tinggi, terutama jika remaja itu menjalin hubugan yang buruk dengan pasangannya.

Sementara itu di sisi lain, mereka yang belum menjalin cinta pada usia dini cenderung lebih ekspresif dan lebih banyak bersosialisasi dengan teman-teman lainnya tanpa harus sedih atau mengalami depresi.

Nah agar anak Anda tidak mudah depresi, hindarkan mereka dari mengenal pacaran.

*Cholis Akbar/Suara Hidayatullah

19 komentar,:

Ginanjar mengatakan...

Dalam islampun sepengetahuan saya emang ga ada yang namanya pacaran,sebelum penelitian tersebut islampun telah melarang apa yang namanya pacaran beserta dampak negatifnya, Subhanallah... sungguh emang gusti Allah maha Tahu

ina mengatakan...

pacaran abiz nikah ajah hihihihihi

Beben Koben mengatakan...

iyah...kan kata nenek juga itu berbahaya...
xixixixi..^,^

Muchlisin mengatakan...

Petunjuk dari Allah memang selamanya merupakan kebenaran. Dan selanjutnya, fakta ilmiah akan semakin mendukung kebenaran itu.

Astaga.com lifestyle on the net mengatakan...

betul sekali tu, kalau pun pacaran harus pintar juga dong ngatur waktunya...

bo13ok mengatakan...

ow begitu ya ceritanya...
cari pacar buat nikah kok :D

pink mengatakan...

jaman dulu, ga ada pacaran, kalo sekarang ga pacaran dulu, bahaya..cowok sekarang kan buaya semua, xixixi..jgn marah ya cowok2...

Tips Cahaya mengatakan...

yg gk boleh pacaran atau pedekate nih... maklum lah daku jomblo awam pula... xixixi

alkatro mengatakan...

Salam
Great post!
Andai saja semua peneliti ilmiah di barat menggunakan fakta yang tepat; maka tidak ada satupun hukum dalam assunah yang akan mencelakakan alam dan manusia..

Seri Bahasa mengatakan...

masalahnya media massa zaman sekarang terutamanya teknologi yang semakin canggih tidak banyak membantu muda-mudi kita, terkecuali kalau bermula dari rumah. lihat saja tayangan2 drama/filem dikaca tv lebih banyak berkisar percintaan diantara muda-mudi.

iswady mengatakan...

setuju banget. great post

mas doyok mengatakan...

kejadian ini sudah tk terknedali lagi mas
sayangnya seperti sinteron yg pake baim itu niatnya mendidik tapi malah membaut anak anak kecil jadi tahu 'marah' 'seneng'
walau basicnya sahabat tetep saja belum pa utk diangkat, effectnya buruk anak keciljadi terlalu cepat dewasa

Dian Caem mengatakan...

sekarang pacaran sudah menjadi mainan anak-anak mudah, ini mungkin karena pengaruh dari budaya barat yg sangat merusak

cahnDableck mengatakan...

Setuju bangget, hindarkan anak-anak dari mengenal pacaran.

javabis99 | Bisnis Online n Hobby Blog mengatakan...

terimakasih artikel ini kawan.

Gadget Tasikisme mengatakan...

Tak bisa disangkal kemajuan teknologi juga telah mendorong orang untuk lebih mudah mencari pacar dan ujung-ujungnya berpacaran...

Rahmat mengatakan...

Untung gw belum pernah pacaran... aman dah dari segala macam penyakit di atas... hehehhe....

NegeriAds.com Solusi Berpromosi mengatakan...

benar juga tu, bisa bikin masalah kalo cepat2 pacaran

Mari Berkomunitas di Faceblog mengatakan...

hehe benar juga ya, memang kalo pacaran kadang2 bsa bikin stres kalo lg ada masalah yg menjadi gangguan kesehatan tpi kadang2 pacaran juga bsa jdi semangat lho jdi hanya bagaimana menjalaninya ajahehe benar juga ya, memang kalo pacaran kadang2 bsa bikin stres kalo lg ada masalah yg menjadi gangguan kesehatan tpi kadang2 pacaran juga bsa jdi semangat lho jdi hanya bagaimana menjalaninya aja

Posting Komentar

Apa pun komentar anda tentang posting di atas
semoga ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala memberikan
pahala lewat komentar anda

Moderasi Komentar sedang OFF

Mengenai Saya

Foto saya
Just Another Guy who care, and share the goodness

About Comment

Recent Comment

Top Komentator


Popular Post